Apa itu fungsi dari Kompensasi Pencahayaan? | Penjelasan lengkap

Pengertian kompensasi pencahayaan pada kamera
Exposure Compensation

Hallo sobat sobat fotografi ;)

Setelah 1 minggu saya tidak menulis karena suatu kesibukan tertentu, disini saya akan memenuhi pertanyaan dari salah satu VPers kepada saya tentang fungsi dari Exposure Compensation atau Kompensasi Pencahayaan.

Mungkin materi ini pun akan sangat berguna untuk sobat VPers lainnya.
Mengapa?
Perlu sobat ketahui, fungsi dari Exposure Compensation ini sangat membantu untuk mengembalikan hasil foto yang natural ketika sistem metering (pengukur pencahayaan) tidak tepat dalam mengukur pencahayaan pada obyek, terutama pada obyek dengan dominan warna putih dan hitam.

Karena Exposure Compensation berperan penting untuk mengembalikan warna foto dengan yang aslinya ketika sistem metering tidak akurat dalam mengukur cahaya, yang tadinya warna hitam harus hitam kembali, putih harus putih.

Dengan adanya fitur Exposure Compensation ini, mampu mengoreksi hasil foto dengan warna yang kurang tepat, hal ini akibat melesetnya sistem metering yang tidak akurat dalam mengukur pencahayaan, akhirnya hasil foto yang dominan warna hitam berubah menjadi warna abu-abu begitupun pada warna putih akan menjadi warna abu-abu pula.

Perhatikanlah gambar dibawah :

Pengertian Exposure Compesation pada kamera
Ini adalah hasil foto TANPA koreksi dari Exposure Compensation. Warna hitam baju pada model dan background berubah warna menjadi agak abu-abu.

Ini adalah hasil foto dengan mengurangi Exposure Compensation 1 Stop EV. Warna hitam kembali muncul

Ini adalah hasil foto dengan pengurangan Exposure Compensation dengan 2 stop EV. Foto hitam lebih pekat karena Under Exposure.

Ini karena sistem metering dalam prinsip kerjanya dalam kamera, ketika obyek didominan dengan berwarna putih, kamera akan secara otomatis meng-under eksposure kan untuk mengantisipasi hasil foto yang Over dan hasil foto pun yang tadinya warna putih berubah menjadi warna abu-abu.

Begitupun sebaliknya, ketika obyek dengan dominan warna hitam, maka kamera secara otomatis akan meng-over eksposure kan, karena kamera mengantisipasi hasil foto yang Under Exposure sehingga hasil foto yang tadinya warna hitampun berubah menjadi abu-abu.

Exposure Compensastion ini sangat dibutuhkan perannya dalam Mode Program, Mode Manual, Shutter Priority, dan Aperture Priority.

Karena dalam keempat Mode tersebut, kita sendiri yang mengendalikan asupan Exposure Compensation untuk dapat menyeimbangi dan memperbaiki hasil pengukuran metering yang kurang akurat sehingga hasil fotopun sesuai dengan obyek aslinya.

Berbeda dengan Mode Automatic dan Mode Scene (seperti Sport, Landscape, Potrait, dll), pengukuran sistem metering dan penyeimbangan Exposure Compensation sudah ditangai oleh kamera.

Cara Setting Exposure Compensation
Cara setting Exposure Compensation pada kamera

Dalah tahap ini, saya akan memberikan cara bagaimana untuk setting Exposure Compensation agar dapat menyeimbangi dan memperbaiki exposure yang Under/Over dalam foto.

Untuk langkah-langkahnya, sebenarnya sama saja untuk semua Kamera, mungkin yang membedakan adalah caranya pada menu.

Disini saya akan menuliskan cara setting Exposure Compesastion pada kamera Nikon dan Canon dan untuk kamera lain, mungkin bisa melihatnua di Buku Manual.

Berikut langkah-langkahnya :

Cara setting Exposure Compensation kamera Nikon.

Cara setting Exposure Compensation pada kamera Nikon

Cara setting Exposure Compensation pada kamera Nikon
  • Pertama, sobat tekan secara menerus tombol dedikasi Exposure Compensation yang terdapat di dekat tombol Shutter.
  • Selagi ditekan, lihat LCD live View atau LCD panel untuk melihat meter exposure dan putar command dial kekiri untuk meng-underkan Exposure dan kekanan untuk meng-overkan Exposure.
  • Lihat seberapa nilai sobat menggunakan Exposure Compensation
Cara setting Exposure Compensation kamera Canon.

Cara setting Exposure Compensation di kamera Canon

  • Pertama putar Quick Tombol dial menggunakan jempol kanan, putar kekiri untuk meng-underkan Exposure dan kekanan untuk meng-overkan Exposure.
  • Lihatlah di LCD live view atau LCD panel untuk melihat seberapa nilai sobat menggunakan Exposure Compesation.
Demikian penjelasan dari saya tentang Pengertian dari fitur Exposure Compensation dan Cara Setting Exposure Compesation.

Semoga bermanfaat.
Download
Apa itu fungsi dari Kompensasi Pencahayaan? | Penjelasan lengkap

0 Response to "Apa itu fungsi dari Kompensasi Pencahayaan? | Penjelasan lengkap"

Post a Comment

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat konten artikel yang sudah saya susun di atas. Mohon untuk menghargai usaha saya menyusun setiap artikel yang saya buat. Silahkan ambil referensinya, namun untuk tidak menduplikatnya.
Terima kasih :)