Mengupas secara lengkap apa itu Rule Of Third dalam fotografi? tujuan dan penerapannya.

pemahaman lengkap rule of third dalam fotografi

Rule Of Third 
Hallo sobat sobat fotografi ;)

Jika sobat pernah mendengar kata 'Rule Of Third' dari suatu pembahasan fotografer ketika sedang memotret dan dalam benak hati berkata-kata apa fungsi, maksud dan tujuan dari Rule Of Third tersebut?.

Nah, untuk itu disini saya mengajak sobat untuk Belajar Bersama pengertian dari sebuah materi tentang Rule Of Third tersebut.

Langsung saja kita simak penjelasan berikut!

 Pengertian Rule Of Third 

Rule Of Third adalah sebuah prinsip komposisi dalam fotografi dengan tujuan untuk menyeimbangkan tiap-tiap elemen yang akan ditampilkan dalam Frame agar foto dapat tervisualitas dengan menarik. 

Rule Of Third bisa dikatakan sebuah pondasi dan tolak ukur untuk menata setiap elemen dan komposisi dari sebuah obyek untuk dapat di tampilkan dalam sebuah foto.

Dalam dunia fotografi, banyak berbagai prinsip untuk menentukan komposisi pada obyek dan salah satunya ada komposisi Rule Of Third.

Memang setiap prinsip terkadang tidak perlu untuk di terapkan pada setiap kegiatan memotret, namun prinsip ini cukup membantu untuk berkreasi menghasilkan sebuah foto.

 Komposisi Rule Of Third

Rule Of Third pada sebuah bidang foto masing-masing terbagi menjadi 3 bagian sama besar pada baris vertikal dan horizontal.

Dari 3 bagian sama besar tersebut, menjadikan bidang foto terdapat 9 bagian sama besar.

Dari 9 bagian sama besar tersebut terciptalah 4 titik pertemuan dan 4 titik pertemuan tersebut bisa di katakan ‘4 titik mata Rule Of Third’.

Dan bagian-bagian sama besar tersebut ditujukan sebagai ruang dari elemen dari komposisi obyek.

Perhatikalah gambar dibawah! 
pemahaman lengkap rule of third dalam fotografi
4 point Rule Of Third

Titik hijau pada gambar di atas adalah titik mata Rule Of Third dimana titik tersebut dimaksud untuk penempatan posisi POI atau pada sekitaran titik tersebut dan bagian bagian 9 kotak sama besar di maksudkan untuk menempatkan elemen-elemen komposisi pada obyek.

Sudahkah terbayang? Jika POI dan elemen komposisi lainnya pada obyek di susun dengan rapi pada prinsip Rule Of Third? Pastinya foto akan sangat menarik dan berkesan.

Dalam sebuah teori fotografi mengatakan jika obyek pelaku utama dalam sebuah foto atau biasa kita kenal “Point Of Interest” ( baca pemahaman Point Of Interest jika belum memahaminya) ditempatkan pada salah satu titik mata ROT, maka foto akan terkesan lebih menarik dan tidak membosankan ketika Audience melihat karya foto kita.

Dalam 4 titik mata tersebut, bukan berarti 4 titik mata tersebut kita pergunakan secara bersamaan namun hanya salah satu dari 4 titik mata sebagai acuan posisi POI untuk di tampilkan.
Perhatikanlah gambar berikut! 
Sebuah botol berisi kertas di tempatkan pada titik mata bagian kanan atas dan bawah, sementara elemen komposisi antara kayu, lautan dan langit terbagi juga dengan rapi dan garis horizon yang tidak miring. Foto terkesan sangat menarik walaupun sederhana dan tidak membosankan.
Atau dengan pengambilan orientasi vertikal, sebuah gedung di tempatkan pada titik mata bagian kanan atas. Ruang lainnya pada bagian 6 kotak sama besar didominan dengan batuan dan 3 kotak bagian atas di dominan dengan elemen langit. Begitu tertata dengan rapi dengan garis horizon yang tidak miring.
Tujuan prinsip Rule Of Third 
pemahaman lengkap rule of third dalam fotografi
Pohon sebagai POI, garis pada rumput yang tidak miring dan tatanan awan yang menjadi dominan menjadikan foto terkesan menarik.
Tujuan dari Rule Of Third ini tentunya menyimpan sebuah alasan yang masuk akal.

Perhatikanlah, ketika kita melihat sebuah karya foto pasti mata kita secara spontan melihat pada suatu obyek dalam foto untuk pertama kalinya.

Hal tersebut di perkuat dengan adanya 'POI' yang berperan sebagai pelaku utama dalam sebuah cerita karya foto.

Maka, setiap mata melihat sebuah foto memliki cara ketika mata mulai melihat POI hingga menelusuri konteks dari tiap-tiap sudut dalam foto.

Nah, prinsip Rule Of Third ini tujuannya demikian, untuk menghasilkan sebuah karya foto yang dapat dilihat dengan menarik sesuai dengan jalannya mata ketika melihat sebuah foto.

Menerapkan Prinsip Rule Of Third dalam memotret 

Dalam menerapkan sebuah prinsip Rule Of Third perlu mengandalkan kepekaan kita terhadap elemen komposisi dalam obyek.

Namun yang terpenting adalah kita mampu mengetahui dan menentukan Point Of Interest dalam sebuah foto.

Karena dalam prinsip Rule Of Third ini, POI sangat berperan penting untuk memudahkan kita dalam menerapkan prinsip Rule Of Third.

Prinsip tersebut terbagi dengan 3 langkah utama :
  1. Tentukan Point Of Interest yang akan dijadikan sebuah obyek utama dalam foto.
  2. Lalu bagilah tiap-tiap elemen komposisi dari obyek pada View Finder/ Live View sesuai dengan Komposisi Rule Of Third di atas.
  3. Tentukan dimana POI untuk di simpan di bagian salah satu 4 titik mata Rule Of Third.
Dengan prinsip Rule Of Third di atas dapat melatih kepekaan kita terhadap elemen dan apik dalam menentukan dan memilih komposisi untuk ditampilkan dalam frame.

Sekian penjelasan dari saya tentang Rule Of Third dalam fotografi.

Semoga bermanfaat.


Download
Mengupas secara lengkap apa itu Rule Of Third dalam fotografi? tujuan dan penerapannya.

2 Responses to "Mengupas secara lengkap apa itu Rule Of Third dalam fotografi? tujuan dan penerapannya."

  1. Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
    Bukan MIMPI Lagi!!!
    Situs Suka Bandar Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
    Info Lebih Lanjut
    BBM : D8E87241
    FB : sukabandar@yahoo.com
    Telp / WA : +855 888043579
    Skype : sukabandar
    YM : sukabandar88@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
    Bukan MIMPI Lagi!!!
    Situs Suka Bandar Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
    Info Lebih Lanjut
    BBM : D8E87241
    FB : sukabandar@yahoo.com
    Telp / WA : +855 888043579
    Skype : sukabandar
    YM : sukabandar88@yahoo.com

    ReplyDelete

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat konten artikel yang sudah saya susun di atas. Mohon untuk menghargai usaha saya menyusun setiap artikel yang saya buat. Silahkan ambil referensinya, namun untuk tidak menduplikatnya.
Terima kasih :)